6 Khasiat Daun Pepaya untuk Kesehatan dan Kecantikan

No ratings yet.

Manfaat daun pepaya ternyata banyak sekali untuk kesehatan kita. Selain buahnya yang kaya akan vitamin dan nutrisi, daun pepaya juga memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Tanaman pepaya sangat mudah dijumpai terutama di negara tropis seperti di Indonesia, mulai dari dataran tinggi sampai dataran rendah mudah ditanami pohon pepaya. Harga jualnya relatif terjangkau sehingga semua kalangan masyarakat dapat menikmati jenis buah yang satu ini.

Khasiat Daun Pepaya

Buah pepaya memiliki rasa yang manis, oleh sebab itu banyak disukai orang mulai dari orang dewasa hingga anak-anak. Buah pepaya kaya akan kandungan vitamin C sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga kulit. Itulah manfaat dari buah pepaya, namun yang akan kita bahas kali ini bukan pada buahnya, melainkan bagian daun pepaya. Apa saja Khasiat daun pepaya yang memiliki ciri beruas-ruas tersebut mari kita simak ulasan selengkapnya.

Khasiat Obat Herbal Daun Pepaya untuk Kesehatan

Maraknya obat herbal tradisional membuat petani pepaya mendapat keuntungan ganda. Pertama karena bisa memanen buah dan kedua bisa memanfaatkan daun pepaya sebagai bahan obat tradisional. Banyak manfaat yang bisa kita dapatkan jika mengkonsumsi olahan obat tradisional dari daun pepaya. Kita sering melihat ada penjual jamu tradisional yang mengolah daun pepaya menjadi jamu seduh khas jawa. Itu sudah menjadi resep turun temurun warisan nenek moyang sebelum mengenal obat medis. Ternyata mereka sudah mengenal Khasiat daun pepaya bagi obat keluarga. Mereka percaya bahwa dengan minum jamu dari daun pepaya dapat mengobati berbagai macam penyakit. Misalnya saja manfaat daun pepaya bagi diabetes, manfaat daun pepaya bagi gatal-gatal kulit, manfaat daun pepaya bagi menjaga stamina dan masih banyak lagi. Berikut ini beberapa manfaat dari daun pepaya untuk kesehatan tubuh.

1. Melancarkan pencernaan

Daun pepaya bermanfaat untuk melancarkan pencernaan. Jika Anda memiliki keluhan pencernaan yang terganggu maka bisa disembuhkan dengan minum jamu dari ekstrak daun pepaya. Cara membuat ramuan daun pepaya cukup mudah, ambil 3 daun pepaya yang masih muda kemudian cuci bersih dan di tumbuk sampai halus. Setelah itu, campurkan dengan 250 ml air kemudian diperas dan disaring menggunakan kain yang tipis dan bersih. Terakhir direbus sampai mendidih dan sisakan airnya kurang lebih tinggal 150 ml. Minum ramuan herbal tersebut ketika masih hangat dan sebaiknya dilakukan pada pagi hari. Apabila Anda melakukannya dengan rutin setiap pagi hari, maka Anda akan merasakan manfaat pepaya bagi mengatasi gangguan pencernaan.  Selain itu, ramuan herbal daun pepaya ini juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan.

2. Mencegah nyeri pada saat datang bulan

Manfaat daun pepaya bagi wanita adalah mengatasi keluhan nyeri saat datang bulan. Daun pepaya bisa menjadi obat tradisional untuk mengatasi keluhan nyeri tersebut. Untuk membuat obat tradisional penghilang nyeri pada saat haid ini cukup mudah. Pertama, siapkan selembar daun pepaya yang masih hijau muda, asem jawa, 2 lembar daun sirih dan garam dapur secukupnya. Fungsi garam ini adalah untuk mengurangi rasa pahit pada daun pepaya. Sedangkan cara membuat ramuan tersebut antara lain bahan- bahan di atas direbus menggunakan 250 ml air sampai mendidih. Setelah itu, diamkan hingga hangat dan minum pada pagi dan malam hari. Itulah manfaat daun pepaya bagi Anda yang memiliki keluhan nyeri pada saat datang bulan.

3. Mengatasi masuk angin

Daun pepaya ternyata juga dapat dimanfaatkan untuk menyembuhkan masuk angin. Khasiat daun pepaya bagi menghilangkan masuk angin mudah sekali dan dapat Anda coba di rumah. Pertama, Anda siapkan 2 lembar daun pepaya yang masih muda. Selain itu, Anda juga harus menyediakan 1 ruas jahe dan 1 sendok madu sebagai resep tradisional anti masuk angin. Cara membuatnya adalah bakar jahe dan kupas kulitnya kemudian memarkan jahe tersebut. Siapkan 250ml air dan rebus daun pepaya sampai mendidih. Selanjutnya masukkan jahe sambil direbus sampai mendidih menyisakan separuh dari air sekitar 150ml. Setelah itu, tunggu sampai air kembali hangat dan minum jamu tersebut dengan ditambah 1 sendok madu. Cara ini sangat berkhasiat mengatasi masuk angin, dibanding dengan membeli obat warung yang belum tentu aman untuk kesehatan karena memiliki efek samping.

4. Mencegah dan mengobati diabetes

Meskipun rasanya pahit tetapi daun pepaya juga bisa dijadikan obat untuk mencegah penyakit diabetes maupun untuk mengobatinya. Daun pepaya ini bisa untuk penderita diabetes kering maupun diabetes basah serta aman untuk dikonsumsi sebagai pendamping obat medis. Manfaat daun pepaya bagi obat diabetes sudah dikenal dan digunakan sebagai obat sejak zaman dulu hingga sampai sekarang kembali diminati oleh masyarakat karena aman dikonsumsi berdampingan dengan obat dokter. Cara membuat obat ini juga cukup mudah. Bagi penderita diabetes cukup membuat jamu seduh dari daun pepaya yang sudah ditumbuk halus dan dicampur dengan air. Untuk mengurangi rasa pahitnya, maka Anda dapat memanfaatkan madu karena aman bagi penderita diabetes. Obat alami ini bisa mengendalikan kadar gula darah supaya tetap normal.

Bukan hanya untuk kesehatan tubuh, ternyata daun pepaya juga bisa untuk mempercantik penampilan. Ada beberapa manfaat mulai dari menghilangkan jerawat, komedo dan mencerahkan kulit wajah secara alami. Untuk mengetahui apa saja manfaat daun pepaya bagi kecantikan, Anda bisa menyimak ulasan berikut ini:

5. Daun pepaya untuk pemutih wajah

Anda pasti awalnya ragu jika wajah putih berseri bisa didapatkan dari krim daun pepaya, maka untuk membuktikannya Anda harus mencobanya sendiri. Cara membuat krim herbal daun pepaya juga sangat mudah. Siapkan 3 lembar daun pepaya muda kemudian dihaluskan, tambahkan 2 sendok yogurt, 2 lembar daun sirih dan oleskan pada wajah untuk masker. Manfaat daun pepaya tersebut untuk antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan memutihkan wajah. Setelah itu, diamkan selama kurang lebih 20 menit sebelum dibilas menggunakan air hangat. Bersihkan wajah menggunakan kain yang lembut dan rasakan khasiat daun pepaya agar kulit menjadi putih bersih alami. Lakukan cara alami ini pada malam hari cukup 3x seminggu. Anda tidak perlu khawatir dengan adanya efek samping karena masker ini dibuat tanpa menggunakan obat kimia berbahaya. Sehingga sangat aman untuk kesehatan kulit.

6. Daun pepaya untuk membasmi jerawat

Manfaat daun pepaya bagi menghilangkan jerawat memang sudah dibuktikan oleh banyak orang. Memang bagi sebagian orang, memilih cara praktis dengan membeli krim obat jerawat yang sudah tinggal pakai. Namun, ada sebagian orang yang masih memilih cara yang alami dengan meracik ramuan tradisional untuk menjaga kecantikannya. Salah satunya yaitu untuk mengatasi jerawat yang membandel.

Caranya sangat mudah, siapkan 2 sampai 3 lembar daun pepaya kemudian dijemur hingga layu. Setelah itu daun pepaya ditumbuk sampai halus dan diberi sedikit air supaya dapat menempel di wajah pada saat digunakan sebagai masker. Gunakan masker daun pepaya tersebut hingga agak mongering kurang lebih 10 sampai 15 menit. Setelah itu, Anda bilas dengan air bersih. Sebaiknya pada saat membilas tidak menggunakan sabun muka karena dikhawatirkan akan menghilangkan manfaat daun pepaya tersebut. Gunakan masker daun pepaya 2 sampai 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Demikian manfaat daun pepaya bagi kesehatan tubuh dan juga kecantikan. Jadi untuk tampil sehat dan cantik tidak harus menggunakan biaya mahal namun ada cara alami yang dapat Anda terapkan. Apabila dilakukan secara rutin maka hasilnya akan memuaskan.

Please rate this