Obat Batuk Pilek Alami

IndosehatNews – Obat batuk pilek alami yang menjadi warisan turun menurun adalah campuran madu dan jeruk nipis, juga jahe dan kencur. Selain minum obat, penderita juga perlu pola hidup teratur.

Batuk dan pilek biasa terjadi jika sedang masa pergantian musim. Apalagi untuk sekarang dimana cuaca sering berubah-ubah. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan virus ini memang sangat umum jika menjangkit dari usia anak-anak hingga orang dewasa. Bagi sebagian orang biasanya meremehkan batuk dan pilek. Padahal, penyakit yang nampaknya sederhana ini sebenarnya berbahaya, terutama penyakit pilek.

Pilek yang tidak segera diobati dapat menyebabkan peradangan dikarenakan virus. Anak-anak lah yang paling berisiko terkena dampak penyakit pilek. Selain hidung yang buntu dan tenggorokan yang serak, batuk dan pilek juga dapat melemahkan daya konsentrasi anak ketika belajar. Banyak Obat Batuk dan pilek yang dipercaya dapat menyembuhkan batuk pilek secara cepat. Namun, obat-obat tersebut terkadang memiliki pantangan untuk beberapa anak yang memiliki penyakit tertentu. Sehingga akan lebih aman jika Anda mencari alternatif obat batuk pilek bagi keluarga Anda.

Obat Batuk Pilek alami yang paling sering dimanfaatkan oleh orang jaman dahulu adalah racikan madu dan jeruk nipis. Kedua bahan makanan ini memang sudah lama diramu untuk mengobati batuk dan pilek, terutama untuk anak-anak. Ramuan madu dan jeruk nipis juga sering dimanfaatkan karena sangat aman jika digunakan pada bayi. Ramuan obat batuk pilek alami untuk anak yang sudah menjadi tradisi turun temurun terutama orang Jawa ini sangat mudah untuk dibuat. Anda hanya tinggal mencampur air perasan jeruk nipis dengan madu secukupnya, lalu campurkan pada air hangat segelas kecil.

Obat alami ini dapat langsung diminumkan kepada anak atau bayi untuk meredakan dan melegakan pernafasannya. Ramuan alami pereda batuk dan pilek yang lain adalah ramuan jahe dan kencur. Anda hanya perlu mememarkan kedua bahan dengan perbandingan 1:1, lalu direbus dalam air segelas kecil. Ramuan tersebut juga dapat langsung diminum seperti halnya perasan air jeruk nipis dan madu.

Obat Batuk

Tips Tambahan Pereda Batuk dan Pilek

Memberikan ramuan obat saja tidak cukup, masih perlu perhatian khusus untuk menyembuhkan penyakit batuk pilek. Obat batuk pilek alami tidak akan berjalan efektif jika tidak dipersamai dengan pola hidup sehat. Banyak hal yang perlu diperhatikan dalam meningkatkan daya tahan tubuh dan membantu Anda atau keluarga Anda ketika terserang penyakit batuk pilek. Berikut beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Simak ulasannya.

1. Air putih hangat dan istirahat total

Dengan mengonsumsi banyak air putih hangat, Anda dapat membantu proses pelarutan obat batuk pilek alami di tubuh supaya lebih cepat. Air putih hangat juga dapat membantu Anda untuk membersihkan tenggorokan Anda. Konsumsilah air putih hangat sebanyak 8 gelas setiap harinya, dan bantu tubuh Anda untuk membersihkan bakteri penyebab batuk yang ada di tenggorokan Anda. Air hangat juga akan mempermudah Anda untuk berkeringat dan mengganti cairan yang hilang, sehingga cairan di tubuh Anda senantiasa bersih. Akan lebih baik lagi jika Anda melakukan istirahat total. Batuk dan pilek biasanya juga dikarenakan faktor kelelahan. Ambil jam istirahat Anda, dan pulihkan kembali sistem kekebalan tubuh yang Anda miliki. Dengan tidur yang cukup setiap harinya, Anda dapat membantu tubuh Anda dalam bertahan dan menyerang virus penyakit yang sedang menjangkiti tubuh Anda.

2. Konsumsi sayur dan buah

Sayur dan buah tentu dapat menjadi pembantu obat batuk pilek alami yang paling disarankan. Melalui sayur dan buah, Anda akan mendapatkan sumber vitamin yang dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh Anda. Asupan yang dipenuhi ketika mengonsumsi buah dan sayuran juga akan membuat Anda merasa segar kembali karena tubuh Anda sudah “merefresh” kembali menjadi lebih kuat.

3. Konsumsi makanan pedas

Mengkonsumsi cabe sebagai makanan yang pedas justru sudah lama dilakukan menjadi obat batuk pilek alami paling ekstrem. Disebut ekstrem karena tentu yang bisa melakukannya hanyalah orang dewasa saja. Sedangkan untuk anak-anak, tidak dianjurkan memakan-makanan pedas dan memanfaatkan obat batuk pilek alami untuk dewasa yang satu ini, karena akan membuat perut mereka tidak kuat. Mengonsumsi makanan pedas akan memicu cairan hidung dan tenggorokan untuk mencair, sehingga memudahkan Anda untuk membuangnya.

4. Menghirup aroma bawang

Jika biasanya Anda takut menghirup aroma bawang karena jika uapnya terkena mata akan membuat mata berair, ada saatnya Anda harus berani maju dan menghadapi si bawang. Gunakan bawang yang memiliki aroma kuat seperti bawang merah. Potong bawang menjadi 2 bagian, lalu hirup aromanya melalui lubang hidung Anda, dan rasakan sensasi pedas yang nyaman di hidung. Anda dapat melakukannya berulang kali, dan ini akan membantu obat batuk pilek alami berfungsi secara efektif juga lebih efisien.

5. Menghirup aroma mint

Menghirup aroma mint sebenarnya hampir sama dengan fungsi aroma bawang. Jika Anda sangat tidak menyukai aroma bawang namun tetap ingin merasakan manfaatnya sebagai obat batuk pilek alami, maka Anda boleh menggantinya dengan aroma mint yang ada pada minyak mentol atau minyak lain yang menggunakan mint. Anda dapat merasakan manfaatnya jika melakukannya setiap merasa hidung tersumbat.

6. Terapi uap

Terapi uap sangat efektif digunakan untuk membantu menghilangkan hidung yang tersumbat karena pilek. Caranya pun sangat mudah, juga dapat dilakukan bersamaan ketika Anda ingin membuat air hangat untuk diminum. Anda hanya perlu menatap permukaan air yang sedang direbus di atas kompor, lalu menghirup uap air yang ada. Jika Anda menginginkan obat batuk pilek alami yang lebih efisien, Anda dapat mencampur air dengan rempah-rempah dengan bau pedas yang kuat.

7. Berkumur

Ketika Anda batuk, itu adalah kondisi ketika tubuh Anda ingin mengeluarkan bakteri yang ada dalam mulut. Berkumur adalah salah satu cara yang membantu dalam mengefektifkan obat batuk pilek berbahan alami. Dengan berkumur, Anda dapat membersihkan mulut Anda. Lakukan secara rutin, terutama jika batuk yang Anda alami sangat parah. Berkumur sebagai obat batuk alami tentu akan meringankan batuk Anda secara perlahan-lahan.

Nah, itulah beberapa hal yang dapat membantu obat batuk pilek alami berjalan secara efektif dan efisien. Pada dasarnya yang paling utama harus Anda lakukan adalah menjaga pola hidup sehat. Pola hidup sehat adalah termasuk tidur malam yang cukup, tidak begadang, mengonsumsi makanan yang seimbang, dan tentunya berolahraga. Jika batuk dan pilek Anda disertai dengan suhu badan yang tidak beraturan, ada baiknya Anda juga menggunakan air hangat untuk mandi. Jika perlu, gunakan alas kaki meski di dalam rumah supaya suhu tubuh Anda tetap hangat.

Baca Juga : Manfaat jeruk nipis untuk wajah

Jika batuk dan pilek Anda tidak segera sembuh setelah berminggu-minggu, ada baiknya Anda berkunjung ke Puskesmas. Berkunjung ke Puskesmas untuk mendapatkan obat batuk pilek alami lebih baik daripada Anda menerima risiko penyakit batuk dan pilek di penghujung hari, terutama untuk anak-anak yang masih masa pertumbuhan. Tips dan resep ramuan yang kami bagi ini juga dapat dimanfaatkan sebagai obat batuk pilek untuk ibu hamil karena berasal dari bahan alami.