Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

IndoSehatNews.com (Manfaat Madu) –  Sudah tahukah Anda Khasiat temulawak? Bahan alami yang satu ini memiliki banyak khasiat di dalam kehidupan kita. Ada banyak produk-produk kesehatan dan suplemen makanan untuk anak-anak sampai dewasa yang berbahan dasar temulawak. Hal ini mengindikasikan bahwa khasiat temulawak tidak diragukan lagi. Lalu, mengapa kita tidak mencoba menggunakannya secara alami? Bukanlah itu justru lebih aman? Tentu saja menggunakan temulawak secara langsung tidak se-praktis jika menggunakan yang sudah dalam kemasan. Tetapi khasiat temulawak akan lebih alami. Ada banyak kelebihan yang bisa kita dapatkan jika menggunakannya atau mengolahnya sendiri. Selain itu, apa yang kita lakukan statusnya adalah lebih aman dan lebih sehat karena tidak tercampur dengan bahan kimia. Pada dasarnya, temulawak dapat bermanfaat untuk pengobatan dan untuk keperluan lainnya.

Manfaat Temulawak

Manfaat Temulawak Untuk Anak

Manfaat temulawak untuk anak dapat ibu manfaatkan untuk memperlancar air susu ibu. Caranya adalah dengan menyiapkan temulawak sekitar 25 gram. Kemudian temulawak dicuci sampai bersih dan ibu memarutnya agar memudahkan nanti ketika diperas karena akan diambil sarinya. Setelah Tanaman Herbal ini diperas, kemudian direbus dengan air secukupnya. Tunggu sampai air rebusan sari temulawak tersebut agak dingin. Manfaat temulawak dengan cara ini adalah dengan menambahkan madu sekitar 2 sendok makan, kemudian diminum setiap pagi dan sore hari. Bagi ibu yang mengalami ASI kurang lancar dapat mempraktekkan cara yang mudah ini.

Kemudian manfaat temulawak ini adalah untuk meredakan asma. Seperti yang kita ketahui bahwa asma adalah penyakit keturunan dan penyakit alergi. Cara mengatasi asma adalah dengan mengontrolnya, yaitu dengan menjauhkan diri sari alergen-alergen yang dapat menyebabkan asma kambuh. Biasanya yang menjadi penyebab asma atau alergen asma adalah serbuk sari, debu, cuaca dingin, stres fisik dan psikis, produk susu, serta makanan-makanan tertentu. Jika mengontrol asma disertai terapi dengan temulawak maka niscaya intensitas kekambuhan akan menurun.

Caranya mengambil manfaat temulawak untuk asma ini adalah dengan menyiapkan ½ atau 1 rimpang temulawak. Cucilah temulawak tersebut sampai bersih, kemudian rebus dengan 1 liter air. Anda dapat menambahkan gula aren secukupnya, ingat jangan menambahkan gula pasir tetapi gula aren saja. Karena rasa manis pada gula pasir terlalu banyak terkadang juga menjadi salah satu penyebab kekambuhan asma. Rebuslah rimpang temulawak dan air tersebut sampai air tersisa 500 ml. Minumlah ramuan ini pagi, siang dan sore sampai asma membaik.

Manfaat Temulawak untuk Mengobati Penyakit Kronis

Bagi Anda yang mempunyai masalah maag pasti sangat menyiksa, apalagi kalau sedang kambuh. Kuncinya, penyakit maag harus di telateni, makan teratur, dan menjauhi makanan yang menjadi pantangannya. Jika Anda tidak mau maag Anda kambuh-kambuhan lagi, buatlah obat herbal dari temulawak. Manfaat temulawak untuk maag ini bisa Anda praktekkan secara rutin. Caranya adalah dengan menggunakan 1 rimpang kunyit yang diiris tipis, kemudian direbus dengan 1 liter air. Tunggu sampai airnya mendidih dan tidak usah menunggu sampai airnya menyusut sampai 500 ml seperti untuk obat asma. Jika sudah mendidih, Anda dapat mematikan api, lalu membiarkannya agar tidak terlalu panas, dan bisa meminumnua.

Penyakit jantung sudah menjadi bahasan yang selalu gencar di lingkungan masyarakat kita, karena penyakit jantung adalah salah satu penyakit yang mematikan. Jika belum terlanjur, maka segera obati dengan ramuan temulawak. Manfaat temulawak ternyata juga dapat diaplikasikan kepada penderita penyakit jantung. Untuk mengkonsumsinya, Anda dapat merebusnya secukupnya seperti membuat jamu, lalu diminum setiap hari secara teratur. Jika Anda kurang suka rasa temulawaknya, maka dapat menambahkan madu murni secukupnya.

Manfaat temulawak dan kunyit putih untuk kesehatan juga dapat Anda rasakan untuk obat antioksidan. Antioksidan dapat menangkal radikal bebas yang bisa disebabkan oleh aktivitas kita sehari-hari di luar rumah. Setiap hari kita bisa terkena asap kendaraan dan polusi udara yang bisa mengakibatkan radikal bebas masuk ke dalam tubuh, dan hal ini memang sulit dihindari jika kita tidak mempunyai tameng yang cukup baik. Manfaat temulawak maupun kunyit, selain untuk zat antioksidan juga dapat digunakan sebagai zat anti kanker, anti inflamasi, dan meningkatkan nafsu makan. Hal ini karena keduanya mempunyai zat curcumin.

Produk-produk penambah nafsu makan juga banyak yang menggunakan zat curcumin sebagai bahan bakunya, tetapi alangkah lebih baiknya jika kita mengambilnya langsung dari alam. Manfaat temulawak yang mungkin belum terlalu dipahami juga ternyata dapat menurunkan asam urat, pegal linu, perut yang mulas, dan perut kembung. Perlu Anda ketahui juga bahwa temulawak adalah antibiotik alami yang sangat tinggi dan dahsyat. Jika temulawak dikombinasikan dengan kunyit, serta rimpang-rimpang yang lain seperti kencur dan jahe juga akan memberikan efek yang lebih baik. Manfaat temulawak dan kunyit sebaiknya direbus terlebih dahulu agar dapat menghilangkan bakteri-bakteri yang ada.

Bagi Anda yang mempunyai masalah ginjal, bahkan penyakit ginjal yang kronis, Anda hanya cukup menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan lalu Anda akan mendapatkan manfaat temulawak tersebut. Kupas rimpang temulawak, kemudian Anda cuci sampai bersih. Rebus dengan air yang secukupnya, lalu tambahkan juga meniran kurang lebih satu genggam serta daun kumis kucing juga satu genggam. Setelah mendidih tunggu saja sampai airnya menjadi setengahnya. Minumlah tiga kali dalam sehari, pagi, siang, dan malam dengan rutin. Untuk mengatasi sakit perut saat haid, Anda dapat mencampurkan beberapa bahan dengan temulawak. Diantaranya adalah temulawak sebanyak 1 rimpang, buah mata asam sebanyak 3 buah, garam dan gula kelapa secukupnya. Parutlah temulawak lalu rebus semua bahan dengan 4 gelas air. Rebus sampai air tersisa setengahnya dan minumlah 2 kali sehari.

Untuk sakit hepatitis, siapkan 2 jari temulawak, kemudian cucilah sampai bersih. Kupas temulawak yang sudah Anda cuci, lalu cuci lagi agar benar-benar bersih, apalagi jika temulawaknya baru memanen dari kebun Anda. Iris-iris rimpang temulawak tersebut dan rebus dengan 500 ml air. Masukkan gula aren dan rebus sampai airnya mendidih dan tinggal setengahnya saja. Setelah dingin, bagilah ramuan ini menjadi dua lalu satu bagian diminum pagi hari dan satu bagian diminum sore hari. Manfaat temulawak akan Anda rasakan jika Anda rutin meminumnya setiap hari.

Atasi Masuk Angin dan Jerawat Dengan Temulawak

Selain untuk mengobati penyakit-penyakit kronis seperti diatas, Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan juga dapat mengobati yang ringan-ringan seperti masuk angin. Caranya cukup berbeda dengan yang sudah diuraikan tadi, yaitu cukup dengan menyiapkan temulawak kemudian diiris tipis, setelah itu keringkan dan ditumbuk menjadi seperti tepung. Rebuslah 5 genggam tepung temulawak yang sudah Anda buat itu dengan 5 gelas air. Rebuslah sampai airnya mendidih dan tersisa setengahnya. Saring ramuan tersebut kemudian minumlah untuk obat masuk angin. Manfaat temulawak untuk kecantikan dapat untuk menghilangkan jerawat. Caranya dengan membuat temulawak ini menjadi masker. Cara memakainya juga seperti masker-masker pada umumnya, dengan membalurkan merata pada seluruh permukaan wajah. Diamkan 15 menit sampai kering, kemudian bilas dengan air sampai bersih.