Manfaat Teh Hijau

Indosehat News – Manfaat teh hijau dapat didapatkan dengan mengonsumsi teh hijau. Selain rasanya yang nikmat dan menyegarkan, khasiatnya yang ampuh juga menjadi daya tarik minuman herbal ini.

Teh hijau adalah salah satu jenis teh yang cukup populer di kalangan masyarakat. Teh ini menjadi sajian yang sering ditemukan dalam jamuan teh di Jepang. Jika ditelisik, ternyata teh hijau memiliki banyak manfaat yang beragam dan sangat berguna bagi tubuh manusia. Sejak dulu, ribuan tahun yang lalu, teh yang diketahui berasal dari Cina ini sudah dipakai oleh masyarakat dunia sebagai obat yang mujarab untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Karena manfaat yang ada, teh hijau banyak dimanfaatkan oleh orang Asia bahkan hingga ke benua lain. Tapi Manfaat teh hijau tidak hanya itu. Masih banyak manfaat yang terkandung di dalamnya yang perlu untuk Anda ketahui.

Beberapa Manfaat Teh Hijau Untuk Tubuh

Pertama adalah manfaat teh hijau untuk Menurunkan Berat Bedan. Dalam teh ini ada suatu kandungan yang dinamakan atau dikenal dengan nama polifenol. Pengertian dari polifenol menurut para ahli adalah sekelompok senyawa kimia yang biasa ditemukan dalam tumbuhan. Penelitian menunjukkan bahwa polifenol berguna sebagai antioksidan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan. Seperti melakukan oksidasi pada lemak tubuh sehingga dapat mengubah makanan yang dikonsumsi menjadi kalori. Bagi Anda yang memiliki penyakit jantung ataupun kanker serta pembuluh darah, mengonsumsi teh hijau dapat membantu mengurangi risikonya. Dengan mengonsumsi jenis tumbuhan ini secara rutin dan benar, tingkat metabolisme di dalam tubuh akan meningkat. Maka manfaat teh hijau dapat dirasakan oleh tubuh.

Selain manfaat teh hijau untuk diet, teh hijau juga dapat menghilangkan bau nafas tidak sedap. Setiap orang pasti ingin memiliki nafas yang segar dan tidak berbau. Saat nafas mudah sekali berbau tidak sedap, Anda pasti akan merasa minder dan tidak percaya diri. Sehingga pergaulan pun kurang leluasa karena Anda akan menahan diri untuk berbicara terlalu lama agar tidak mengeluarkan bau mulut. Teh hijau yang Anda konsumsi dapat mematikan bakteri serta virus yang ada dalam mulut. Bakteri dan virus inilah yang menyebabkan bau mulut. Anda juga bisa berkumur dengan menggunakan air teh hijau. Dengan manfaat teh hijau, rutin meminum atau berkumur dengan teh hijau, Anda akan terhindar dari bau mulut sehingga nafas pun menjadi segar.

Nah, selain manfaat diatas, teh hijau juga mampu mengurangi kolesterol. Kolesterol yang berlebih dalam tubuh akan mengancam kesehatan. Saat Anda memiliki kadar kolestrol yang tinggi, penyakit degeneratif seperti penyakit jantung, kanker dan stroke dapat muncul pada tubuh Anda. Senyawa tannin yang ada pada teh hijau berfungsi untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh secara alami. Kolesterol jahat yang sering menyumbat pembuluh darah juga dapat dibersihkan oleh kandungan tannin dalam teh hijau. Manfaat teh hijau lain dalam hal ini adalah menyerap kolesterol yang menumpuk di dalam usus manusia.

Manfaat teh hijau untuk kulit juga bisa didapatkan menjadikannya sebagai masker. Beberapa studi oleh para ahli menunjukkan hasil yang positif perihal manfaat jenis tumbuhan ini terhadap kesehatan kulit. Berdasarkan penelitian, antioksidan yang terdapat pada teh hijau juga berperan untuk kesehatan kulit. Selain itu, dalam teh hijau terkandung juga zat atau senyawa lain yang bisa menjadikan kulit lebih bercahaya dari biasanya. Manfaat teh hijau juga untuk mengatasi jerawat dengan menggunakan masker dari teh hijau. Sementara kandungan polifenol yang ada di dalamnya mampu melambatkan tanda penuaan dini. Itulah mengapa banyak sekali kosmetik yang menggunakan teh hijau sebagai salah satu bahan dasar pembuatannya.

Manfaat teh hijau yang selanjutnya adalah menyehatkan rambut. Rambut adalah mahkota wanita. Para wanita dan juga pria mungkin pernah mengalami bad hair day, yakni suatu hari saat rambut benar-benar tidak sehat dan susah diatur. Ketika Anda mengalami hal ini, salah satu cara yang bisa Anda tempuh adalah menggunakan teh hijau. Akan lebih baik lagi jika Anda secara rutin menggunakannya, agar rambut Anda semakin sehat. Teh hijau mampu memperlambat pertumbuhan DHT (Dihydrotesterone) yang merupakan suatu zat yang menjadi penghambat pertumbuhan rambut serta membuat Rambut rontok. Teh hijau mampu menyeimbangkan kadar DHT agar tidak mengganggu kesehatan pada rambut seperti rambut rusak, bercabang, ketombe dan rambut rontok. Dengan kandungan vitaminnya, teh hijau juga dapat mempercantik rambut dan menjadikan rambut berkilau.

Selanjutnya, teh hijau dapat dimanfaatkan untuk menjaga fungsi otak dan menjaga daya ingat. Bagi para pelajar, memiliki ingatan yang kuat akan mempermudah mereka dalam mengikuti pelajaran yang disampaikan oleh guru di dalam kelas. Seiring dengan bertambahnya umur, daya ingat seseorang akan semakin menurun sehingga orang menjadi mudah lupa akan sesuatu. Hal yang sama juga berlaku untuk Anda. Akan menjadi masalah jika Anda melupakan hal yang penting dalam kehidupan Anda. Misalnya lupa terhadap pertemuan dengan klien, lupa dengan jadwal pemeriksaan kesehatan rutin, bahkan lupa terhadap janji Anda pada orang lain. Manfaat teh hijau dipercaya dapat menjaga adanya penurunan fungsi dalam otak.

Anda pun bisa mendapatkan manfaat teh hijau untuk kecantikan sebagai tabir surya alami. Teh hijau dapat menjadi penangkal radikal bebas yang diakibatkan oleh sinar matahari yang berlebihan. Radikal bebas akan membuat perlindungan yang ada di kulit melemah sehingga membentuk kerutan. Manfaat teh hijau yang mampu mencegah adanya radikal bebas, berefek pada berkurangnya kerutan yang terbentuk pada kulit serta meningkatkan perlindungan di permukaan kulit. Kulit Anda pun dapat menjadi lebih sehat dan cantik secara alami.

Manfaat teh hijau lainnya adalah mampu mencegah depresi. Sebuah lembaga penelitian yang bernama American Botanical Council sudah melakukan studi. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa depresi dapat Anda kurangi dengan konsumsi teh hijau setiap hari. Kandungan yang mencegah depresi di dalam tanaman herbal ini adalah polifenol dan senyawa tehanine. Polifenol memberikan pasokan glukosa ke otak. Sedangkan tehanine merupakan jenis asam amino yang dapat menurunkan kecemasan serta stress. Pikiran yang tenang dan jernih bisa Anda dapatkan melalui teh hijau.

Terakhir, Teh hijau mengandung senyawa katekin. Senyawa ini berfungsi untuk melawan bakteri dan virus dan memusnahkannya. Manfaat teh hijau melalui senyawa ini sangat efektif dalam mencegah atau mengobati berbagai penyakit, mula dari flu sampai kanker. Dengan daya tahan tubuh yang tinggi serta tahan terhadap bakteri dan virus, kesehatan Anda dapat terjaga. Sehingga Anda menjadi lebih kebal terhadap beraneka ragam penyakit, mulai dari penyakit yang ringan hingga penyakit berat dan berbahaya. Anda juga akan menghemat biaya yang perlu dikeluarkan untuk perawatan kesehatan.

Baca Juga : Manfaat Daun Sirih untuk Tubuh dan Miss V

Manfaat teh hijau sangatlah banyak. Anda tidak perlu menggunakan obat atau hal yang tidak alami. Karena manfaat yang Anda cari dapat dengan mudah Anda temukan dalam teh hijau. Cara mendapatkan manfaat ini juga mudah, yakni dengan meminum teh hijau setiap hari atau mengaplikasikannya menjadi hal lain seperti masker, ditumbuk atau dicampur dengan bahan alami yang lain. Semoga dengan membaca artikel ini, pengetahuan dasar Anda tentang teh hijau meningkat. Dan Anda dapat segera mengambil manfaat yang terkandung dalam tanaman herbal ini.