Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Indosehat News – Manfaat adalah untuk menghangatkan tubuh. Akan tetapi penelitian membuktikan jahe bisa digunakan untuk obat dari beberapa penyakit dan juga untuk mempercantik diri.

Manfaat Jahe cukup banyak. Jahe adalah tanaman obat yang cukup banyak digemari oleh orang Indonesia. Tanaman obat ini merupakan sekian dari tanaman empon-empon yang banyak digunakan untuk bahan utama obat tradisional. Banyak orang menggunakan jahe sebagai obat dari berbagai macam penyakit selain khasiat utamanya untuk menghangatkan tubuh.

Jahe yang masih segar bisa langsung ditumbuk untuk dijadikan minuman penghangat tubuh. Manfaatnya yang sangat beragam semakin membuat tanaman obat satu ini sudah terkenal bahkan sejak zaman penjajahan dulu. Ketika orang Belanda ingin mencari rempah-rempah yang ada di daerah Timur, jahe menjadi komoditi yang laku keras di kalangan para penjajah. Ini semua karena manfaat jahe yang sangat banyak. Setelah penjajah pergi banyak masyarakat pribumi yang mengolahnya menjadi berbagai macam minuman yang berguna bagi kesehatan.

Jahe memiliki nama ilmiah zingiber. Tanaman ini kemudian masuk ke dalam golongan tanaman Zingiberaceae. Namun demikian, istilah yang lebih umum digunakan untuk menyebut jahe adalah ginger. Orang mulai berpikir dari mana sebenarnya jahe berasal. Ada beberapa anggapan yang menjadi jawaban dari pertanyaan tersebut. Beberapa yakin bahwa jahe berasal dari India. Sementara beberapa pihak meyakini bahwa tanaman ini berasal dari Cina. Pendapat ini didukung dengan argumen bahwa semua perdagangan zaman dulu dimulai dari Tiongkok. Namun demikian, pendapat pertama tetap bertahan karena yakin para pedagang Tiongkok mendapatkan jahe dari India. Apapun itu, manfaat jahe sudah dikenal sejak dulu terbukti dari besarnya jumlah perdangangan jahe di Asia Tenggara pada zaman dulu.

Manfaat Jahe

Tanaman obat dan rempah satu ini mempunyai rasa yang khas yaitu pedas. Namun pedas jahe tidaklah seperti pedas cabai atau merica. Jahe lebih mempunyai rasa pedas yang khas. Ketika jadi minuman, jahe ini mampu menjadi penghangat tubuh yang sangat ampuh. Hanya dengan diseduh dengan air panas jahe bisa menghangatkan tubuh Anda dalam waktu yang relatif panjang. Maka menjadi tidak aneh mengapa tanaman yang menjadi tren sejak lama sebagai tanaman obat ini menjadi sangat populer di Eropa. Di Eropa, udara dan suhunya sangat dingin. Untuk bisa merasakan hangat lebih lama orang harus menghangatkan diri dari dalam. Jahe bisa menjadi solusi penghangat dari dalam. Itu artinya, manfaat jahe memang sangat penting bagi orang-orang yang berasal dari daerah dingin.

Bagi masyarakat Jawa, manfaat jahe dipercaya tidak hanya sebagai penghangat tubuh. Jahe juga bisa mengobati penyakit seperti masuk angin dan pegal linu. Beberapa produsen jamu tradisional pun sudah melakukan banyak inovasi untuk membuat jahe lebih menjual di pasar. Salah satu usaha yang paling marak dilakukan para produsen jamu adalah membuat ekstrak jahe menjadi minuman instan. Hasilnya jahe akan berupa serbuk yang bisa langsung diseduh dengan air panas.

Manfaat Jahe bagi Kesehatan pun bisa langsung dirasakan dengan menyeduh jahe yang sudah ada dalam bentuk serbuk tersebut. Selain mengobati, jahe instan menjadi lebih simpel dikonsumsi. Orang tidak perlu mencari jahe di kebun atau mencarinya di pasar. Mereka tinggal membeli jahe yang sudah ada dalam bentuk serbuk lalu meninumnya. Bahkan beberapa daerah sudah menjadikan minum jahe sebagai budaya. Kebiasaan minum jahe sudah seperti layaknya kebiasaan minum teh atau minum kopi di masyarakat. Bahkan beberapa orang tak ragu lagi untuk menyajikan jahe sebagai minuman untuk menjamu tamu. Selain itu beberapa perkumpulan atau rapat juga menggunakan jahe sebagai minuman yang dihidangkan di waktu istirahat.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan

Sudah disebutkan sebelumnya bahwa manfaat jahe lebih dari sekadar sebagai penghangat tubuh. Manfaat yang paling jelas adalah untuk kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat jahe bagi kesehatan:

1. Obat demam dan batuk

Jahe yang diseduh langsung atau yang sudah dalam bentuk serbuk sebagai minuman memiliki khasiat untuk menurunkan demam. Orang yang demam dengan suhu tubuh tinggi bisa mengkonsumsi jahe sebagai obat. Setelah minum jahe orang biasanya langsung berkeringat. Bersama dengan keringat inilah demam secara berangsur akan berkurang. Batuk juga bisa diobati dengan minum jahe. Rasa hangatnya saja sudah membuat tenggorokan menjadi lebih lega. Maka orang yang batuk bisa juga makan permen jahe sebagai alternatif selain mengkonsumsinya sebagai minuman. Hanya saja, kandungan gula dalam permen jahe mungkin akan sedikit membuat manfaat jahe untuk mengobati batuk tidak maksimal.

2. Melancarkan peredaran darah

Jahe juga memiliki peran yang penting untuk bisa melancarkan peredaran darah. Itulah mengapa orang yang capek atau pegal-pegal senang meminum jahe. Capek atau pegal biasanya terjadi karena peredaran darah tidak lancar. Inilah manfaat jahe yang bisa digunakan untuk melancarkan peredaran darah.

3. Menurunkan kolesterol

Dengan peredaran darah yang lancar secara otomatis jahe akan membuat kolesterol menurun. Kolesterol yang tinggi biasanya disebabkan karena penumpukan kolesterol akibat peredaran darah yang tidak lancar.

Manfaat Jahe untuk Kecantikan

Nah, selain bermanfaat Jahe bagi kesehatan tubuh, jahe juga bermanfaat untuk kecantikan. Tidak berhenti di situ, ada khasiat jahe yang lain, yaitu Manfaat jahe untuk kecantikan. Tanpa berlama-lama, ini dia manfaat jahe untuk kecantikan.

1. Mencegah perut buncit

Manfaat jahe ini dapat melancarkan metabolisme dan pencernaan sehingga lemak pun akan lebih mudah pergi dari tubuh kita. Melalui keringat misalnya, penumpukan lemak dalam tubuh bisa dikurangi. Itulah yang membuat jahe bisa mencegah perut buncit.

2. Menghilangkan ketombe

Sari jahe ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe pada rambut. Beberapa produk creambath bahkan sudah menggunakan jahe sebagai bahan karena tahu manfaat jahe untuk kecantikan. Selain menghilangkan ketombe, sari jahe juga bisa digunakan untuk memperkuat akar rambut. Artinya rambut tidak akan mudah rontok dari akarnya.

3. Solusi kulit berminyak

Banyak orang tidak tahu manfaat jahe untuk mengihilangkan minyak berlebih pada kulit. Jahe yang dicampur dengan bubuk kayu manis, garam dan pala ternyata bisa mengurangi masalah kulit berminyak. Caranya adalah dengan mengoleskan campuran tersebut pada kulit yang bermasalah. Namun jangan terlalu banyak menggunakan porsi jahe. Ini malah akan membuat kulit Anda iritasi.

4. Menghilangkan jerawat

Campuran di atas juga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat. Selain itu, jika ramuan oles ini didukung dengan minum jahe maka efek dan manfaatnya akan dirasakan lebih cepat. Hanya saja banyak yang belum tahu manfaat jahe yang satu ini. Padahal khasiat ini sudah dibuktikan oleh banyak orang.

Baca Juga : 10 Manfaat Lidah Buaya Untuk Kesehatan

Melihat manfaat jahe untuk kecantikan di atas maka tak aneh jika orang mulai menggunakan jahe sebagai minuman dan ramuan favorit. Manfaat jahe yang beragam terutama untuk kecantikan membuat anak muda juga tak lagi enggan menggunakan jahe dan meminum jahe. Pasalnya, selama ini Jahe lebih dikenal dengan jamu tradisional. Ini membuat anak muda tak terlalu tertarik dan akrab dengan jahe. Selain manfaat di atas jahe juga digunakan untuk bumbu masak. Beberapa orang yang senang memasak bahkan bingung jika tak ada jahe di dapur mereka. Apakah Anda ingin membuktikan manfaat dari tanaman yang satu ini? Selamat mencoba.