Manfaat Daun Kelor

Indosehat News – Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan sungguh luar biasa karena dapat mengobati beragam penyakit. Mulai dari alergi sampai diabetes. Tak heran pohon ini disebut miracle tree.

Daun kelor, mungkin banyak yang tidak tahu daun ini. Tapi pasti tak asing dengan peribahasa “dunia tak selebar daun kelor”. Daunnya hijau kecil tapi memiliki segudang manfaat. Ya, pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai Manfaat daun kelor. Daun kelor memiliki nama latin moringe oilefera. Di Indonesia sendiri, daun tersebut banyak ditanam di pagar atau dijadikan pagar pembatas kebun. Ciri-ciri daun kelor yaitu daunnya menyirip, berbentuk oval kecil, berwarna hijau tua dan lebih pucat. Pohon ini dapat tumbuh dengan ketinggian 3 – 10 meter. Sayuran ini sudah dikenal di Indonesia sejak dulu dan diolah menjadi beragam sayuran matang.

Tanaman yang satu ini seperti madu, menyimpan segudang manfaat. Bagi masyarakat luas, rasanya banyak yang kurang tahu manfaat daun kelor yang begitu besar. Asal kamu tahu saja, masyarakat mancanegara sudah menggunakan daun tersebut sebagai bahan obat-obatan karena khasiatnya yang tak terbantahkan. Tak hanya baik untuk kesehatan, manfaat daun kelor untuk kecantikan juga banyak sekali sehingga daun ini banyak digunakan sebagai bahan kosmetik. Selain khasiatnya untuk kesehatan dan kecantikan, ternyata bagi masyarakat Indonesia Daun kelor tak lepas dari hal-hal mistis atau ilmu hitam. Konon daun kelor mampu mengusir setan sehingga banyak digunakan sebagai sesajen oleh masyarakat jawa.

Dibalik semua mitos atau kepercayaan yang melatarbelakangi kegunaan daun kelor, manfaat daun kelor dapat diambil dari seluruh bagian-bagian pohon. Ya, bukan hanya daunnya saja yang berkhasiat. Bagian yang paling bawah yaitu akar. Akar daun kelor dapat digunakan sebagai obat rematik, epilepsy, antiskorbut, gonorhoea, diretikum. Selain itu, kadar daun kelor dapat menjernihkan air seni, obat batu berdahak, memperlancar haid, penambah nafsu makan, dan mengatasi kejang-kejang. Cara memanfaatkannya pun mudah, cukup rebus akar daun kelor dan minum air rebusannya. Guna meredakan rasa sakit ketika haid, tumbuklah daun kelor kemudian bedaknya dioleskan pada bagian perut.

Masyarakat dunia, apalagi Indonesia dewasa ini banyak yang terkena diabetes yang mana penyakit tersebut menjadi penyebab penyakit lain dan akhirnya timbul komplikasi, kemudian efeknya adalah kematian yang semakin meningkat. Manfaat daun kelor untuk diabetes pun begitu besar. Kamu cukup meminum air rebusan daun kelor secara rutin. Diabetes disebabkan oleh kadar gula dalam tubuh yang berlebihan dan sulit dikontrol. Manfaat daun kelor juga tak bisa lepas dari khasiat kulit batangnya yang baik untuk kesehatan tubuh. Menurut beberapa riset, kulit batang pohon kelor dapat dijadikan penawar racun ular, dan kalajengking. Ekstra kulit batang ekor mampu mengurangi bengkak, mengobati sariawan dan karang gigi, cukup gosokkan kulit batang pada bagian yang diperlukan.

Daun Kelor

WHO (World Health Organization) merupakan organisasi kesehatan dunia sangat menganjurkan anak-anak dan balita untuk mengonsumsi daun kelor. Manfaat daun kelor telah dirasakan oleh masyarakat luas di dunia, khususnya negara-negara miskin yang membutuhkan pengobatan murah. Daun kelor sebagai obat sudah digunakan selama lebih dari 40 tahun. Seperti manfaat daun untuk kesehatan, daun kelor termasuk dalam kategori miracle tree (pohon ajaib) karena dapat mengobati berbagai penyakit dan menyelamatkan ribuan nyawa masyarakat miskin yang membutuhkan pengobatan. Rasanya kamu patut bersyukur, di Indonesia dapat dengan mudah ditemukan daun kelor di pagar-pagar rumah dan pekarangan.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai Manfaat daun kelor, kamu harus tahu kandungan apa saja yang ada dalam pohon kelor sehingga ia dapat mengobati berbagai macam penyakit. Daun kelor mengandung potasium dengan kadar 3 kali lipat dari pisang. Selain itu, kalsium pada daun kelor jumlahnya 4 kali lipat dibandingkan kalsium dalam susu. Tak hanya itu, selama ini jeruk diketahui sebagai sumber vitamin C yang tinggi, ternyata kandungan vitamin C pada daun kelor lebih tinggi 7 kali lipat dibanding jeruk. Kandungan vitamin A pada daun kelor jauh lebih menakjubkan jumlahnya yaitu 4 kali lipat lebih banyak. Bahkan, kadar protein daun kelor 2 kali lipat dibanding susu.

Manfaat daun kelor untuk Memutihkan Wajah sungguh mujarab. Bagi kamu yang bermasalah dengan kebersihan serta kesehatan kulit wajah terutama flek hitam atau bekas jerawat, daun kelor dapat menyembuhkannya. Cukup kamu tumbuk sampai halus daun kelor kemudian gunakan seperti menggunakan bedak atau campurkan dengan bedak terlebih dahulu. Perlahan wajah kamu akan bersih dan bebas dari flek hitam. Manfaat daun kelor masih lebih luas lagi, buahnya pun dapat diolah menjadi sayur asam. Bunga pohon kelor mampu mengatasi radang tenggorokan, flu serta cacingan. Luar biasa sekali ya, khasiat daun kelor, mulai dari penyakit ringan seperti flu sampai diabetes pun bisa diobati.

Berlanjut ke bagian pohon yang lain yaitu biji pohon kelor. Biji kelor dapat dimanfaatkan sebagai bahan kosmetik, sumber minyak nabati, obat-obatan dan minyak sawit yang sehat karena mengandung lemak tak jenuh sebanyak 40 %. Nah, untuk itu sekarang kita beralih pada manfaat daun kelor secara umum. Berikut ini beberapa penyakit yang dapat disembuhkan dengan memanfaatkan daun kelor dan bagian pohon lainnya.

1. Mencegah kanker

Bukan hanya buah apel yang kaya akan antioksidan, daun kelor pun demikian. Seperti yang telah diuraikan tadi, daun kelor juga mengandung potasium yang jumlahnya 3 kali lipat dari pisang. Kedua kandungan zat tersebut dapat mencegah kanker dengan memperlambat, menghentikan dan menghilangkan kanker dalam tubuh.

2. Mengobati rematik

Manfaat daun kelor selanjutnya adalah untuk mengobati rematik. Daun kelor ini dapat mengurangi rasa sakit atau nyeri pada sendi serta mengurangi kadar penumpukan asam urat pada sendiri. Hal tersebut menandakan bahwa daun kelor ini juga berkhasiat mengobati penyakit asam urat.

3. Menyehatkan kulit

Disamping Manfaat jeruk nipis untuk kuit dan Berdasarkan kandungan daun kelor yang tinggi akan vitamin C dan antioksidan, daun tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit. Mengkonsumsi daun kelor sebagai sayuran harian mampu menghaluskan kulit secara alami. Khasiatnya dari dalam untuk mencegah jerawat. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan masker dengan daun kelor dengan cara menumbuknya.

4. Mengatasi alergi

Manfaat daun kelor juga untuk mengatasi alergi. Caranya pun mudah, cukup ambil 3 batang daun kelor. Tambahkan 1 siung bawang merah dan 3 gelas air. Rebuslah sampai matang dan kira-kira air tersisa 2 gelas, kemudian saring. Minumlah air rebusan daun kelor secara rutin setiap hari.

5. Herpes

Penyakit lain yang dapat diobati dengan daun kelor adalah herpes. Masyarakat Indonesia sudah banyak memanfaatkan daun kelor untuk mengobati herpes, apalagi di pedesaan. Selain herpes, kurap, luka bernanah pun bisa diobati. Ambillah kira-kira 7 daun kelor kemudian tumbuk sampai halus dan tempelkan pada area yang bermasalah atau diobati.

6. Sakit mata

Sebelumnya telah diulas terkait kandungan pada daun kelor yang tinggi vitamin A dan jumlahnya lebih dari wortel. Maka daun kelor dapat mengobati sakit mata. Tumbuk 3 helai daun kelor kemudian tambahkan 1 gelas air dan aduk hingga rata. Diamkan beberapa saat hingga ampasnya mengendap dan gunakan air tersebut untuk tetes mata.

Baca Juga : Masker Wajah Alami Buah dan Sayur

Luar biasa sekali ya manfaat daun kelor. Berbagai penyakit dapat diobati dengan daun yang mudah ditemukan. Murah dan dapat digunakan oleh semua kalangan. Pantas saja pohon kelor memiliki julukan miracle tree (pohon ajaib) karena segala manfaatnya seperti keajaiban. Berbeda dengan madu, daun kelor jauh lebih murah dibanding madu yang mana keduanya sama-sama mampu mengobati berbagai penyakit. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan kamu tentang tanaman obat yang ada disekitar sehingga bisa melakukan pengobatan secara alami.