Cara Menurunkan Berat Badan 1 Minggu Awal

Indosehat News – Cara Menurunkan Berat Badan 1 Minggu Awal adalah dengan mengatur pola makan dan pola hidup yang baik. Mengurangi asupan gula dapat menjadi cara yang paling ampuh turunkan berat badan.

Cara menurunkan berat badan yang mudah menjadi incaran bagi mereka yang mempunyai berat berlebihan. Berat badan yang tidak seimbang atau yang berlebihan adalah sumber dari segala penyakit. Penyakit yang diakibatkan diantaranya diabetes mellitus, kolesterol, darah tinggi, asam urat, sesak napas dan masih banyak yang lainnya. Itulah sebabnya orang yang obesitas disarankan untuk diet. Cara Diet Sehat Alami pada dasarnya selain untuk mengurangi resiko penyakit-penyakit tersebut, juga akan membuat tubuh lebih enteng dan penampilan lebih menarik. Gerak kita juga akan semakin mudah mengingat tubuh tidak terlalu menopang berat badan.

Dalam rangka cara menurunkan berat badan tidak perlu diet ketat sampai harus membatasi asupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Tetapi yang perlu diperbaiki adalah pola makannya, baik itu porsi makan maupun menu yang dibutuhkan. Kemudian yang perlu digarisbawahi dalam cara menurunkan berat badan dengan cepat adalah niat dan konsisten. Biasanya orang yang gencar ingin berdiet akan mudah berhenti di tengah jalan jika tergiur dengan makanan-makanan tertentu atau tidak sabar menunggu hasilnya. Untuk itu, tahap pembiasaan dibutuhkan dalam diet ini. Memang pada awal masa diet tubuh akan kaget karena biasanya pola makan tidaklah seperti itu, tetapi jika dua minggu pertama berhasil menerapkan pola makan dan pola hidup yang baru, maka seterusnya menjadi mudah.

Penyebab dan Tips Menurunkan Berat Badan Secara Alami

Apa sih yang membuat berat badan selalu naik? Jawabannya adalah kalori yang dikonsumsi oleh tubuh. Kebanyakan orang mengkonsumsi kalori melebihi jumlah yang dibutuhkan oleh tubuh. Padahal terdapat semboyan bahwa sesuatu yang berlebihan sifatnya tidak baik, termasuk masalah kalori ini. Kalori yang berlebih akan disimpan oleh tubuh dan akhirnya menimbun menjadi lemak beserta kelebihan lemak maupun zat-zat yang lainnya. Cara menurunkan berat badan adalah dengan membatasi asupan kalori yang dikonsumsi, jadi penuhi kebutuhan kalori sesuai dengan takarannya. Ukuran kebutuhan kalori orang dewasa sekitar 1000-1300 kilo kalori. Kemudian cara menurunkan berat badan dengan cepat dan mudah dapat dijabarkan seperti berikut ini:

1. Perbanyak air putih

Tubuh membutuhkan oksigen dan cukup untuk disalurkan ke seluruh tubuh melalui pembuluh darah dan disalurkan ke otak. Oksigen merupakan zat yang membantu dalam proses pembakaran sehingga dari makanan yang kita makan akan menghasilkan energi. Air putih adalah zat yang mengandung oksigen sehingga peran air putih sebagai cara menurunkan berat badan sangat penting. Air putih juga membantu detoksifikasi secara alami atau pembuangan racun-racun. Dengan mengkonsumsi minimal 3 liter air sehari, maka kelebihan lemak dan racun dapat dibuang melalui keringat, feses, atau urin. Air putih membantu Anda kenyang lebih lama dan mencegah dehidrasi apalagi ketika Anda menjalankan program diet dalam Menu diet mayo anda.

2. Konsumsi karbohidrat kompleks

Karbohidrat sebagai zat yang dibutuhkan tubuh tidak boleh lepas ketika Anda diet. Justru cara menurunkan berat badan adalah dengan mengkonsumsi karbohidrat kompleks yang bisa didapat dari beras merah dan oatmeal. Di sini nasi putih sangat tidak disarankan, karena nasi putih mengandung kalori yang cukup besar dibandingkan dengan oatmeal dan nasi beras merah. Meskipun seolah-olah nasi putih itu mengenyangkan, akan tetapi orang akan cenderung mudah lapar lagi setelah makan nasi putih bahkan mengkonsumsinya dalam jumlah banyak. Lain halnya dengan setelah mengkonsumsi oatmeal atau beras merah maka akan kenyang lebih lama. Hal ini karena karbohidrat kompleks yang dikandung oleh keduanya, jadi tidak hanya karbohidrat saja tetapi ada vitamin, serat, mineral, dan nutrisi lain.

3. Perbanyak buah dan sayur

Buah dan sayuran sudah menjadi makanan wajib sebagai menu cara menurunkan berat badan. Untuk 1 minggu pertama cobalah mengolah siuran hanya dengan direbus atau dikukus saja dengan memberikan bumbu bawang putih dan merica. Jangan gunakan garam pada tahap awal ini sebagai detoksifikasi. Jika Anda bosan dengan menu rebusan atau kukusan sayuran ini, Anda boleh mengganti dengan jus sayuran atau salad sayuran, yang terpenting sayuran jangan diberi garam dan jangan dimasak dengan minyak goreng.

Cara Menurunkan Berat Badan

Untuk buah sendiri, pada dasarnya buah apapun baik untuk cara mengecilkan perut dan sebagai menu makanan dalam berdiet. Buah paling baik adalah dikonsumsi langsung, jika buah apel justru lebih baik dikonsumsi beserta kulitnya, karena kulitnya mempunyai kandungan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit. Contohnya penyakit sesak napas yang biasanya diderita karena seseorang terlalu gemuk dan kelebihan berat badan sehingga dadanya menjadi sempit. Membuat jus buah akan lebih baik tanpa gula dan tanpa pemanis buatan sebagai cara menurunkan berat badan. Biarkan rasa manis asli buah secara alami.

4. Kurangi fast food

Gorengan memang rasanya lezat, seolah belum lengkap makan tanpa gorengan. Gorengan juga sangat lezat dijadikan camilan, apalagi jika mendoan dimakan dengan cabai rawit hijau. Tetapi efek dari gorengan sangat berasa. Gorengan mengandung lemak dan kolesterol yang memudahkan seseorang menjadi naik berat badan tetapi bukan berat badan yang sehat. Oleh sebab itu, cara menurunkan berat badan adalah dengan mengurangi gorengan, sebisa mungkin adalah menghindarinya. Untuk lauk-pauk seperti tempe, tahu, ikan, dan daging pada dua minggu awal cukup dipanggang saja dengan bumbu bawang putih dan merica tanpa menggunakan garam.

Mungkin pada saat pertama kali Anda mengkonsumsinya, rasanya akan hambar tetapi inilah cara menurunkan berat badan dalam satu minggu pertama dilanjut minggu kedua, sebagai proses detoksifikasi sama seperti mengkonsumsi sayuran tanpa garam dan tanpa minyak goreng. Untuk minggu ketiga maupun minggu-minggu seterusnya nanti Anda dapat makan seperti biasa dengan porsi kecil dan pada mindset Anda sebenarnya sudah tertanam apa yang harus Anda makan jika di dua minggu pertama Anda benar-benar teratur dan konsisten. Cara menurunkan berat badan berikutnya adalah dengan menjauhkan diri dari makanan cepat saji. Itulah sebabnya makanan yang fresh sangat dianjurkan bagi mereka yang ingin kurus dan ingin sehat.

Itulah cara menurunkan berat badan sebagai tahap awal yang perlu Anda lakukan, yaitu dua minggu awal. Secara otomatis, minggu-minggu setelah itu tubuh Anda akan terprogram untuk mengkonsumsi apa yang dibutuhkan. Jadi, ketika Anda berniat menurunkan berat badan maka tidak perlulah mengkonsumsi makanan yang tidak dibutuhkan, misalnya saja dengan Cara Diet seperti yang sudah diuraikan di atas, akan menghindari Anda mengkonsumsi camilan yang memang tidak dibutuhkan oleh tubuh. Mengganti camilan dengan makan buah pisang, apel, atau pear dapat menjadi camilan yang sehat.

Jika Anda terbiasa minum susu, minumlah susu yang rendah lemak dan rendah kalori, banyak tersedia di toko-toko dan supermarket. Mengkonsumsi yogurt akan menjadi menu yang baik untuk Anda di sela-sela Cara Menurunkan Berat Badan 1 Minggu Awal, Anda juga dapat membuat yogurt sendiri dengan campuran susu dan buah. Kemudian sebagai cara penting dalam program menurunkan berat badan, yang tidak kalah penting adalah olahraga. Olahraga tersebut disarankan yang dapat memperkuat fisik maupun mental, seperti olahraga yoga dan berenang. Jogging maupun bersepeda santai rutin setiap hari juga dapat menjadi pilihan yang baik. Istirahat dengan cukup setiap harinya sangat disarankan dan hindarilah begadang.