9 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan

Indosehat News – 9 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan bisa Anda dapatkan dengan beragam cara. Apapun cara pengolahan yang Anda pilih, manfaat yang didapat sangatlah banyak bagi kesehatan tubuh Anda.

Sebelum kita membahas mengenai manfaat daun salam, ada baiknya jika Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan salam. Supaya Anda lebih mengenal tumbuhan yang satu ini. Menurut para ahli, salam merupakan sebuah tanaman atau pohon yang daunnya bisa digunakan sebagai bahan rempah. Seperti yang kita tahu, bahan rempah-rempah merupakan bahan yang paling sering digunakan dalam bumbu untuk membuat masakan khas Indonesia. Daun salam adalah salah satu jenis bahan rempah yang dihasilkan dari pohon salam. Manfaat daun salam selain untuk bahan rempah pembuat bumbu masakan tradisional, juga berguna dalam beberapa hal. Dalam artikel ini akan dijelaskan mengenai manfaat yang dimiliki oleh daun salam.

Inilah Aneka Manfaat yang Terkandung dalam Daun Salam

Manfaat dari daun salam ini sangatlah banyak. Tak hanya bisa dijadikan sebagai bumbu pengharum masakan saja, sebab salam juga bisa dimanfaatkan untuk kecantikan dan bahkan kesehatan tubuh manusia. Berikut 9 Manfaat Daun Salam Bagi Kesehatan yang patut anda ketahui.

1. Mengharumkan masakan

Umumnya Daun salam dimanfaatkan sebagai rempah yang dapat membuat masakan lebih harum dan beraroma lebih nikmat dan khas. Bahan ini dapat dengan mudah ditemukan pada beberapa negara di Asia Tenggara. Dalam masakan, daun ini diolah dengan mencampurkannya ke masakan atau bumbu, baik dalam kondisi utuh, masih segar atau yang sudah mengering. Saat daun salam dimasak bersama dengan bahan lain dalam proses pembuatan makanan, aroma yang dihasilkan oleh daun salam akan meresap ke makanan. Aroma yang dihasilkan sangat khas dan tidak terlalu menyengat. Bisa dikatakan bahwa manfaat daun salam lumrahnya adalah untuk mengharumkan makanan.

Daun Salam

2. Untuk memutihkan gigi

Orang zaman dulu menggunakan daun salam sebagai bahan yang digunakan untuk membersihkan gigi. Setelah diteliti, ternyata manfaat daun salam berkhasiat terhadap kesehatan gigi. Pasta gigi yang dibuat dari kumpulan daun salam dipercaya dapat membuat gigi yang kuning menjadi lebih putih. Hasil yang didapatkan juga lebih alami dan aman karena menggunakan bahan alami yang berasal dari alam. Caranya adalah menjemur daun salam serta kulit jeruk hingga mengering. Lalu, campur keduanya dengan air setelah terlebih dulu ditumbuk. Setelah menjadi pasta, bisa langsung Anda gunakan untuk membersihkan gigi.

3. Mengobati diabetes

Salah satu penyakit yang juga merupakan penyakit yang diturunkan adalah diabetes. Manfaat daun salam ternyata ampuh untuk mengobati penyakit ini, tepatnya adalah diabetes tipe 2. Diabetes merupakan penyakit yang ada hubungannya dengan kadar gula dalam tubuh. Menurut penelitian, daun ini dapat menurunkan glukosa atau kadar gula darah. Selain itu, daun herbal ini juga bisa mengurangi kolesterol serta trigliserida. Hal yang demikian merupakan suatu kombinasi manfaat yang dapat memerangi penyakit diabetes. Konsumsi daun salam juga dapat membantu tubuh untuk memperlancar proses insulin agar menjadi lebih efisien.

4. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun salam juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Sebenarnya tubuh juga membutuhkan kolesterol dalam jumlah tertentu. Namun apabila kolesterol dalam tubuh berlebih, dalam artian jumlahnya lebih dari yang dibutuhkan tubuh, maka akan menyebabkan berbagai masalah. Kolesterol yang berlebih dan tidak dapat diproses dengan benar oleh tubuh disebut kolesterol jahat. Untuk mengatasinya, Anda dapat memakai daun salam sebagai bahan herbal yang mampu mengatasi kolesterol jahat. Dengan daun salam, khasiat yang Anda dapat adalah berkurangnya kadar kolesterol jahat yang tertimbun di dalam tubuh Anda.

5. Menurunkan berat badan

Manfaat daun salam bagi kesehatan selanjutnya adalah untuk menurunkan berat badan. Siapapun ingin memiliki tabuh yang ideal. Tubuh yang ideal tentunya adalah tubuh yang mempunyai berat badan yang seimbang dan tidak berlebih. Namun beberapa orang memiliki masalah dengan berat badan mereka. Terutama wanita yang selalu ingin tampil percaya diri dengan tubuhnya yang langsing dan sexy. Daun salam bisa mengatasi kekhawatiran Anda terhadap berat badan. Karena daun salam diketahui mampu menurunkan berat badan secara alami dan tanpa efek samping yang dapat merusak tubuh. Kepercayaan diri Anda akan meningkat setelah berat badan Anda berkurang dan menjadikan tubuh Anda memiliki berat badan yang ideal. Hal tersebut didapat dari manfaat daun salam untuk menurunkan berat badan.

6. Untuk mengatasi maag

Setelah manfaat daun salam untuk diet, Anda juga dapat mengatasi maag dengan daun salam. Banyak sekali obat maag yang beredar di pasaran. Hal itu karena banyaknya orang yang menderita maag. Gangguan pencernaan ini memang menjadi hal yang lumrah terjadi bagi mereka yang telat makan. Penggunaan obat maag secara terus menerus sebenarnya tidak baik untuk lambung. Agar lebih aman dan tidak menimbulkan dampak lain, Anda bisa menggunakan bahan alami untuk mengatasi maag. Salah satunya bisa Anda dapatkan dari daun salam. Manfaat daun salam untuk menjadi obat maag melalui proses yang alami dengan zat yang terkandung di dalamnya. Maka Anda tidak perlu khawatir adanya iritasi lambung dan hal lainnya.

7. Mengurangi rasa nyeri

Berikutnya adalah manfaat daun salam dalam mengurangi rasa sakit yang Anda alami. Tepatnya hal ini bisa Anda peroleh dari manfaat daun salam kering yang sudah diekstrak. Daun salam terlebih dulu diekstrak dan diubah menjadi minyak. Minyak daun salam ini mempunyai kandungan dan sifat yang anti inflamasi. Sifat ini dapat membuat rasa sakit yang Anda alami menjadi berkurang. Rasa sakit yang timbul akibat dari rematik, keseleo, nyeri atau jenis rasa sakit lainnya. Anda dapat menghilangkan rasa nyeri dengan mengoleskan minyak daun salam ke daerah yang mengalami rasa sakit maupun pembengkakan pada tubuh Anda.

8. Mengobati hipertensi

Ada juga manfaat daun salam untuk hipertensi. Dalam daun salam ada semacam zat dan senyawa yang dapat menjadi obat untuk penderita hipertensi. Hipertensi adalah salah satu penyakit yang berbahaya karena menyebabkan tekanan yang tinggi pada aliran darah. Penyakit yang dapat mematikan apabila tidak segera ditangani dan diobati dengan benar. Senyawa yang ada dalam daun salam untuk mengobati hipertensi adalah zat tannin serta flavonoida. Dua senyawa ini akan bereaksi dengan tubuh dan dapat menormalkan kembali tekanan darah. Dalam konsumsi yang teratur dan rutin, hipertensi yang belum terlalu parah bisa teratasi. Manfaat daun salam yang ini sangat cocok bagi para penderita hipertensi.

9. Obat diare

Manfaat terakhir yang ada dalam artikel ini adalah manfaat daun salam sebagai obat untuk diare. Lagi-lagi masih ada hubungannya dengan pencernaan. Anda sebaiknya selalu berpegang teguh pada prinsip alami. Bahan alami lebih baik daripada obat paling mutakhir sekalipun. Gampangnya, selama masih ada obat dari bahan herbal atau alami, Anda tidak perlu memakai obat buatan dari bahan yang tidak alami. Terkait dengan diare, daun salam mempunyai kandungan zat yang efektif dalam mengatasi penyakit diare. Pada saat musim hujan, diare lebih mudah untuk menyerang Anda. Maka, untuk menjaga agar Anda tidak terkena diare, minumlah rebusan daun salam setiap hari.

Baca Juga : Manfaat Jahe Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Demikianlah manfaat daun salam yang bisa kami sampaikan dalam artikel ini. Sebagai orang yang selalu menjaga kesehatan, tentunya Anda sekarang sudah tahu manfaat apa saja yang bisa Anda peroleh dari daun salam. Setelah mengetahui informasi ini, langkah selanjutnya adalah praktek. Silahkan memakai daun salam dengan cara meminum air rebusan, menjadikannya olesan atau aplikasi lain yang dapat Anda lakukan.