12 Manfaat Pepaya Untuk Tubuh Manusia

IndoSehatNews.com (Manfaat Pepaya) –  Pepaya sangat baik untuk kesehatan tubuh manusia, terutama khasiatnya dalam menjaga kesehatan pencernaan. Selama ini, orang beranggapan buah pepaya hanya bermanfaat untuk melancarkan buang air besar. Padahal buah ini menyimpan banyak manfaat lainnya. Buah pepaya memiliki cita rasa manis dan ada pula yang memiliki rasa asam. Salah satu pepaya dengan rasa asam adalah pepaya carica di daerah Wonosobo, Jawa Tengah. Sebenarnya, zat nutrisi yang kaya manfaat tak hanya terdapat pada buah pepaya tetapi juga pada daun dan bagian lainnya.

Sebelum membahas tentang beberapa manfaat pepaya, yuk baca ulasan tentang kandungan zat gizi yang ada pada Pepaya. Buah pepaya yang memiliki ukuran sedang mengandung kalori sebanyak 120 kalori. Selain itu, ia juga mengandung karbohidrat sebanyak 30 gram. Dalam kandungan karbohidrat tersebut juga terdapat serat sebanyak 5 gram dan gula 18 gram. Ia juga mengandung protein sebanyak 2 gram. Kandungan vitamin C juga sangat banyak terdapat dalam buah ini. Lebih jelasnya, berikut adalah kandungan zat nutrisi dalam buah pepaya.

Manfaat Pepaya

Selain manfaat pepaya, kandungan dari pepaya ini cukup lengkap. Diantarany adalah vitamin A, magnesium, fiber, asam pantotenat, lutein dan vitamin E. Selain itu, buah yang berwarna merah ini pun cukup kaya dengan kalsium, vitamin K, kalium dan folat yang cukup baik dikonsumsi ibu hamil.  Bahkan, dalam sepotong pepaya ini terdapat vitamin B, alfa, beta karoten, zeaxanthin, lycopene dan juga tembaga yang cukup baik bagi kesehatan tubuh.

Inilah 12 Manfaat Pepaya Untuk Tubuh Manusia

Manfaat pepaya sangat baik dalam membantu menjaga kekebalan tubuh atau sistem imun tubuh. Buah pepaya juga baik digunakan untuk Mengencangkan Kulit Wajah. Buah ini mengandung nutrisi yang memiliki manfaat pepaya untuk kecantikan. Selain itu, ada beberapa manfaat dari buah pepaya di bawah ini.

  1. Mencegah inflamasi

Buah pepaya sangat baik manfaatnya untuk penderita osteoporosis, arthritis serta edama. Hal tersebut dapat terjadi karena buah ini memiliki kandungan enzim yang bisa mencegah terjadinya inflamasi. Enzim ini juga bisa mencegah penyakit kanker. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki usia lanjut sebaiknya sering mengkonsumsi pepaya agar terhindar dari kanker serta osteoporosis.

  1. Menguatkan kekebalan tubuh atau sistem imun

Manfaat pepaya selanjutnya yakni menjaga kekebalan tubuh. Tubuh manusia membutuhkan asupan nutrisi yang tak hanya digunakan untuk menambah energi, tetapi juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Buah pepaya mengandung beta karoten yakni sebuah senyawa yang berfungsi meningkatkan imun dari dalam tubuh. Buah ini sangat cocok untuk dikonsumsi jika Anda ingin terhindar dari penyakit flu, demam, dan infeksi.

  1. Menyehatkan gigi dan tulang

Manfaat pepaya berikutnya yakni menjaga kesehatan tulang dan gigi. Buah ini banyak mengandung vitamin K yang baik untuk menjaga kesehatan tulang. Pepaya bisa membantu penyerapan kalsium dalam tubuh. Bagi Anda yang memilki anak kecil, sebaiknya seringlah memberinya makanan dari olahan pepaya ini. Khasiatnya sangat baik untuk perkembangan tulang dan gigi si anak.

  1. Baik Bagi Penderita Diabetes

Manfaat pepaya juga baik untuk dikonsumsi penderita diabetes. Pepaya mampu memberikan serat dengan jumlah 4,7 gram. Bagi penderita diabetes sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi pepaya agar asupan karbohidrat dan energi tercukupi. Kandungan serat yang cukup juga akan membantu tubuh dalam mencerna makanan.

  1. Mencegah Serangan jantung

Pepaya mengandung serat, beberapa vitamin, dan juga kalium yang bisa membantu pencegahan serangan jantung. Kandungan kalium yang cukup tinggi ditambah kandungan natrium dapat mengurangi resiko serangan jantung. Pepaya juga mengandung enzim yang bisa mencegah terjadinya oksidasi kolesterol, sehingga bisa mencegah penyakit jantung.

  1. Menyehatkan Pencernaan

Manfaat pepaya yang satu ini bukan rahasia lagi, dimana buah pepaya sangat baik untuk dikonsumsi karena bisa melancarkan proses BAB. Buah ini bisa membuat pencernaan Anda menjadi sehat karena di dalam pepaya mengandung sebuah enzim pencernaan yang disebut papain. Enzim ini juga berfungsi sebagai pelunak daging. Selain itu, kandungan air serta serat yang tinggi juga baik untuk kesehatan pencernaan. Jika pencernaan dalam keadaan sehat, maka tak akan mudah terserang penyakit.

  1. Mencegah terjadinya degenerasi makula

Buah pepaya mengandung sebuah senyawa yang disebut senyawa eazanthin. Ia adalah salah satu jenis antioksidan yang berfungsi menyaring sinar UV. Hal tersebut tentunya akan mencegah terjadinya degenerasi makula pada tubuh manusia. Jika Anda memiliki aktivitas di luar ruangan dengan paparan matahari cukup tinggi, Anda dianjurkan secara rutin mengkonsumsi pepaya.

  1. Mempercepat Terjadinya Penyembuhan Luka

Manfaat pepaya berikutnya yakni bisa mempercepat penyembuhan luka. Cara menggunakannya sangatlah mudah, yakni dengan menghaluskannya dan mengoleskannya pada luka. Penelitian terhadap buah pepaya ini telah dilakukan dan membuktikan bahwa dalam pepaya mengandung enzim proteolik chymopapain dan papain yang bisa berfungsi layaknya salep.

  1. Pencegahan Penyakit Asma

Buah pepaya ternyata baik untuk pencegahan penyakit asma. Bagi Anda yang memiliki anak dengan usia di bawah lima tahun, biasakanlah anak Anda untuk mengkonsumsi buah pepaya untuk mendapatkan manfaat pepaya. Hal ini akan membantu Anda dalam menjaga kesehatan si kecil agar terhindar dari penyakit asma. Bagi sebagian penderita asma, mereka terjangkit penyakit ini karena faktor keturunan dan lingkungan. Nah, konsumsilah buah pepaya untuk mencegahnya. Jika Anda ingin hasil yang lebih maksimal, konsumsilah buah ini saat Anda sedang hamil agar nutrisi buah pepaya tersalurkan pada bayi Anda sehingga terhindar dari asma. Manfaat pepaya untuk ibu hamil  yang sangat besar kan?

  1. Mengurangi Berat Badan

Buah pepaya yang masih muda lebih banyak mengandung enzim daripada buah pepaya yang sudah matang. Enzim tersebut bisa berperan dalam mengurangi karbohidrat, lemak, dan protein dalam tubuh. Pembakaran lemak juga menjadi lebih baik dan lancar. Dengan begitu, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, rutinlah makan buah pepaya.

Manfaat Pepaya Bagi Kecantikan

Manfaat buah pepaya sudah dipaparkan diatas, tetapi selain untuk kesehatan tubuh, manfaat pepaya untuk Diet Sehat, pepaya memiliki beberapa manfaat lain yakni sebagai perawat kecantikan. Beberapa manfaat buah pepaya untuk kecantikan yakni sebagai berikut.

     11. Menyegarkan kulit

Buah pepaya yang difermentasi akan melarutkan serta menghilangkan sel kulit mati. Buah pepaya juga memberikan efek segar pada kulit. Selain itu, pori-pori kulit yang tersumbat juga akan terbuka kembali.

      12. Membesarkan payudara

Pepaya muda mengandung enzim yang bisa merangsang tumbuh kembang payudara. Kandungan vitamin A pada pepaya juga baik dalam merangsang indung telur dalam memproduksi hormon kewanitaan yang akan membantu tumbuhnya payudara agar lebih kencang.

Manfaat lainnya : Manfaat Bawang Merah dan Manfaat Minyak Zaitun

Dalam mengkonsumsi buah pepaya ada hal yang harus diperhatikan. Bagi Anda yang memiliki alergi terhadap makanan yang mengandung zat lateks, Anda perlu membatasi konsumsi pepaya. Namun, bagi Anda yang ingin melakukan diet dengan buah pepaya, konsumsilah secara teratur agar hasilnya maksimal. Tambahkan beberapa jenis sayuran yang lain agar diet Anda tetap sehat dan memiliki gizi yang seimbang. 12 Manfaat Pepaya Untuk Tubuh Manusia pepaya sangat baik, sama dengan manfaat pisang.